1.
Berikut ini yang bukan merupakan tiga
kategori asesmen dalam pembelajaran ialah…
o
Asesmen untuk proses belajar
o
Asesmen terhadap proses belajar
o
Asesmen dalam proses
belajar
o
Asesmen sebagai proses belajar
2.
Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang
sering terjadi adalah…
o
Asesmen dilakukan di
akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis
o
Asesmen dilakukan untuk mengukur
pemahaman terhadap proses belajar
o
Asesmen dilakukan untuk memberi umpan
balik dan tindak lanjut hasil belajar
o
Asesmen dilakukan dengan melibatkan
siswa dalam pelaksanaannya
3.
Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar
ialah…
o
Mengumpulkan informasi untuk umpan balik
dan tindak lanjut proses belajar
o
Menilai hasil belajar
siswa
o
Monitoring dan refleksi proses belajar
siswa
o
Mendiagnosis kesulitan belajar siswa
4.
Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi
selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan informasi sejauh mana pemahaman
siswa menguasai materi yang disampaikan. Dalam hal ini, Guru Rahmi telah
menerapkan salah satu dari kategori asesmen..
o
Asesmen untuk proses
belajar
o
Asesmen terhadap proses belajar
o
Asesmen dalam proses belajar
o
Asesmen sebagai proses belajar
5.
Berikut ini merupakan tujuan merancang
asesmen diagnosis berkala yaitu..
o
Menilai hasil belajar siswa
o
Melibatkan orang tua dalam proses
belajar anak
o
Memfasilitasi sarana dan fasilitas
pendukung pembelajaran
o
Memetakan kemampuan
belajar siswa
6.
Menurut Anda, kapan waktu yang tepat
untuk melakukan asesmen diagnosis berkala?
o
Di awal saat hendak memulai topik/materi
pembelajaran
o
Di akhir saat hendak mengakhiri
topik/materi pembelajaran
o
Saat melaksanakan pembelajaran
o
Dilaksanakan secara
rutin pada awal/akhir/waktu lain saat proses pembelajaran
7.
Asesmen diagnosis berkala termasuk ke
dalam asesmen…
o
Asesmen sumatif
o
Asesmen formatif
o
Asesmen terhadap proses belajar
o
Asesmen diagnostik
8.
Berikut ini merupakan keterkaitan antara
asesmen diagnosis berkala dengan asesmen formatif, kecuali…
o
Orientasi pada proses belajar siswa
o
Dilakukan secara berkala saat
pembelajaran berlangsung
o
Mengukur hasil belajar
siswa
o
Memberi umpan balik dan tindak lanjut
hasil diagnosis
9.
Asesmen diagnosis berkala dilakukan
melalui tiga tahap mencakup persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Apa saja
yang dilakukan dalam tahap persiapan?
o
Menyusun 10 soal
sederhana
o
Memberikan asesmen secara tatap muka
atau belajar dari rumah
o
Mengolah hasil asesmen
o
Melakukan asesmen diagnosis kognitif
10. Apa harapan Anda saat melakukan ketiga tahap asesmen
diagnosis berkala?
o
Menyesuaikan
pembelajaran di kelas dengan rata-rata kemampuan siswa
o
Mengukur pencapaian hasil belajar siswa
o
Mengembangkan potensi dan minat siswa
o
Melibatkan orang tua dalam asesmen
Jangan lupa tinggalkan komentar ....
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar