Sebelum
memulai Program Pembelajaran GTK di Masa Pandemi Covid-19, peserta diharapkan
mengisi Asesmen Pra Program yang bertujuan mengenali pemahaman dan kemampuan
awal peserta.Untuk itu peserta diminta mengerjakan dengan jujur sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
Pada
tahapan ini peserta Program Pembelajaran GTK di Masa Pandemi Covid-19 akan
diberikan 50 butir soal pilihan ganda dan memilih jawaban yang Anda pikir
paling tepat.
Pada
akhir program, Peserta Program Pembelajaran GTK di Masa Pandemi Covid-19 akan
mengisi Asesmen Pasca Program dan membandingkan hasilnya dengan Asesmen Pra
Program. Dengan demikian, pada akhir program peserta bisa mengetahui kemajuan
pemahaman dan kemampuannya.
Untuk
membantu bapak dan ibu dalam memahami seputar kuis dimaksud, silahkan simak pembahasan
berikut ini berdasar pengalaman pribadi yang disadur dari berbagai sumber terpercaya,
semoga bermanfaat
Soal
dan pembahasan Kuis / Pre Test Bimtek Program Pembelajaran GTK di Masa Pandemi
Covid-19
1. Salah satu prinsip utama Pembelajaran Jarak Jauh yang
harus dipahami oleh guru adalah…
o
Memberikan tugas
sesuai target capaian kurikulum
o
PJJ dilakukan
melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
o
Memberikan
pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
o
Menyamaratakan
kondisi, minat dan fasilitas belajar peserta didik
Pembahasan: 6 Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh:
5.
Keselamatan dan
kesehatan lahir batin seluruh warga satuan pendidikan
6.
Memberikan
pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik
7.
PJJ berfokus pada
pendidikan kecakapan hidup
8.
Materi
pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan
9.
Pemberian tugas
bervariasi tergantung daerah, satuan pendidikan serta minat murid
10.
Hasil belajar
diberikan umpan balik dan melakukan pola komunikasi interaktif
2. Perhatikanlah daftar dibawah ini;
– Memberikan komentar atau masukan dari tugas yang dikerjakan peserta didik
– Membuat instruksi tugas yang mudah dipahami orangtua dan peserta didik
– Memperbanyak asesmen formatif untuk membantu peserta didik memahami materi
pelajaran
Tergolong dalam cara 5M manakah pernyataan-pernyataan di atas?
o
Membangun
keberlanjutan
o
Memahami konsep
o
Memilih tantangan
o
Memberdayakan
konteks
Pembahasan:Komentar dan masukan untuk suatu tugas, instruksi yang mudah
dipahami, serta asesmen formatif adalah salah satu bentuk dari membangun
keberlanjutan. Dengan adanya “perangkat” tersebut, peserta didik dapat
menindaklanjuti hasil belajarnya.
3. Definisi dari media pembelajaran adalah….
o
Berbagai atau semua
sumber yang dapat digunakan peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah
maupun terkombinasi
o
Alat fisik yang
digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran
o
Sesuatu yang bisa
digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan dan kemampuan peserta didik dalam
belajar
o
Suatu cara atau
taktik dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di kelas
Pembahasan:Media pembelajaran merupakan alat fisik yang digunakan
untuk menyampaikan isi materi pengajaran
4. Sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran tatap
muka. Jumlah rombongan belajar yang banyak membuat sekolah harus membagi
peserta didik bergiliran hadir selama 3 hari di sekolah. Di sisi lain guru-guru
merasa waktu yang diberikan masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, manakah
langkah yang dapat dipilih oleh guru?
o
Tetap
melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai aturan
o
Mengembalikan
pembelajaran seperti biasa yaitu 6 hari belajar mengajar untuk semua peserta
didik
o
Menambah waktu
pembelajaran lewat internet atau pemberian lembar kerja/modul sebagai pendukung
o
Proses belajar
mengajar dilaksanakan tatap muka dan meminta peserta didik menyimak radio/TV
sebagai pendukung
Pembahasan:langkah yang dapat dipilih oleh guru adalah dengan proses
belajar mengajar yang tidak hanya tatap muka, namun menambah waktu pembelajaran
dengan memanfaatkan teknologi internet atau pemberian lembar kerja/modul
sebagai pendukung.
5. Selama pembelajaran jarak jauh, guru Dinda menerima
banyak keluhan dari orang tua yang mengalami kesulitan mendampingi anak
belajar. Selain itu, setiap kelas daring, guru Dinda merasa bahwa peserta
didiknya bosan dan kesulitan memahami materi. Permasalahan tersebut dapat
dihindari jika guru Dinda melakukan…
o
Asesmen formatif
o
Asesmen kognitif
o
Asesmen diagnosis
awal
o
Asesmen sumatif
Pembahasan:Melakukan asesmen diagnosis awal dapat memberikan data dan
informasi mengenai kondisi murid di awal pembelajaran, baik kondisi kognitif
maupun non kognitif. Dari hasil asesmen diagnostik awal, guru dapat membuat
rencana tindak lanjut yang sesuai kondisi sehingga pembelajaran dapat berjalan
secara lebih kondusif untuk mencapai target pembelajaran.
6. Mengumpulkan tugas pembelajaran melalui e-mail, Google
Drive, atau mengirim melalui aplikasi WhatsApp merupakan jenis aktivitas
pembelajaran….
o
Daring sinkron
o
Daring asinkron
o
Luring sinkron
o
Luring asinkron
Pembahasan:Pengumpulan tugas pembelajaran lewat teknologi yang disebut
dalam soal tergolong dalam pembelajaran daring asinkron karena proses belajar
tidak terjadi secara langsung dua arah.
7. Mengapa KI dan KD perlu diselaraskan?
o
Agar memudahkan
guru dalam mengajar
o
Untuk memenuhi
persyaratan kurikulum nasional
o
Agar sejalan
dengan kebutuhan/kondisi murid
o
Agar asesmen
mudah dilakukan
Pembahasan:Peserta didik memiliki kebutuhan dan kondisi yang
berbeda-beda. Oleh karena itu KI dan KD yang selaras dengan kebutuhan/kondisi
mereka membuat pembelajaran menjadi bermakna.
8. Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah….
o
Guru menjadi
sumber belajar utama yang menentukan keputusan pembelajaran
o
Pembelajaran
berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mengakses sumber belajar
daring maupun luring secara mandiri
o
Fasilitas
internet menjadi sarana paling penting dengan fitur yang bagus dan menarik
o
Belajar
tergantung pada ketersediaan fasilitas daring maupun luring
Pembahasan:Konsep utama pembelajaran terpadu (blended) adalah
pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik mandiri dalam
mengakses sumber belajar daring maupun luring
9. Berikut ini yang merupakan tujuan utama dari
pendidikan adalah…
o
Konsep
o
Keterampilan
o
Konteks
o
Kompetensi
Pembahasan:
Pembelajaran berbasis kompetensi berorientasi pada pencapaian kompetensi
peserta didik yang dapat dilihat dari pemahaman konsep, keterampilan menerapkan
konsep dalam berbagai konteks, serta sikap-sikap yang menyertainya.
10. Dalam menghadapi situasi darurat wabah Covid-19,
Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala
atau kesulitan terjadi. Oleh karena itu hal penting yang harus dilakukan
adalah…
o
Menyediakan
telepon genggam dan laptop untuk guru dan peserta didik
o
Mendorong
kolaborasi orang tua, guru, dan peserta didik
o
Memastikan orang
tua mendampingi peserta didik selama kelas online berlangsung
o
Meminta peserta
didik untuk mengerjakan dan mengumpulkan semua tugas tepat waktu
Pembahasan: Di tengah situasi pandemi, kolaborasi guru, murid, dan
orang-tua penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berdaya.
Pelibatan orangtua menjadi lebih besar karena siswa tidak dapat melaksanakan
pembelajaran secara normal di sekolah.
11. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi komponen listrik dan fungsinya serta
menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan,
dan menghemat energi listrik.
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Kompetensi Dasar
4.5 Menyajikan karya tentang berbagai cara
melakukan penghematan energi dan usulan sumber
alternatif energi listrik.
Guru Prima akan mengajar materi listrik untuk kelas VI sesuai dengan kompetensi
inti dan kompetensi dasar dalam tabel di atas. Sebelumnya, guru Prima melakukan
asesmen diagnosis dan mendapat informasi bahwa ada orang tua murid yang bekerja
di Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan memiliki waktu luang. Dari informasi
tersebut, manakah aktivitas pembelajaran yang cocok diterapkan guru Prima?
o
Memberi tugas
menulis makalah tentang cara kerja listrik
o
Membuat acara
talkshow bersama orang tua murid yang bekerja di PLN
o
Mengajak murid
menghitung meteran listrik di rumah
o
Meminta murid
belajar mandiri dari Youtube
Pembahasan:Aktivitas C cocok diterapkan karena ada kesesuaian antara
hasil asesmen diagnosis dengan KI dan KD. Hal tersebut diharapkan dapat membuat
pembelajaran jarak jauh menjadi bermakna.
12. Definisi dari pengetahuan konten adalah…
o
Pengetahuan
mengenai proses dan praktik atau metode belajar-mengajar.
o
Pengetahuan
mengenai standar teknologi sederhana sampai yang canggih
o
Pengetahuan
mengenai tujuan belajar sampai evaluasi
o
Pengetahuan
mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
Pembahasan: Definisi dari pengetahuan konten adalah pengetahuan
mengenai mata pelajaran yang akan dipelajari
13. Guru Budi memberikan tugas menulis kebudayaan daerah
pada peserta didiknya. Untuk mengerjakan tugas tersebut, peserta didik diminta
untuk mewawancarai orangtua masing-masing. Pembelajaran tersebut termasuk
dalam memperoleh informasi dengan sumber belajar….
o
Pesan
o
Bahan
o
Orang
o
Alat
Pembahasan:Bertanya pada narasumber, dalam kasus ini orangtua, merupakan
pembelajaran dengan sumber belajar orang.
14. Selain memanusiakan hubungan, melibatkan orang tua
dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui cara memilih tantangan.
Dari pilihan di bawah ini, manakah cara memilih tantangan yang tepat untuk
direkomendasikan kepada orang tua?
o
Berdiskusi
tentang tujuan pembelajaran
o
Menyusun jadwal
belajar bersama anak
o
Bertanya
tantangan belajar kepada anak
o
Menjadi
narasumber untuk topik belajar yang relevan
Pembahasan :Menyesuaikan waktu belajar di masa pembelajaran jarak jauh
merupakan salah satu tantangan yang dihadapi siswa. Mereka dapat memilih untuk
mengatasi kesulitan belajar jarak jauh dengan membuat jadwal belajar yang
paling sesuai dengan kebutuhannya. Orangtua dapat membantu dengan diskusi
bersama anak mengenai pilihan waktu belajar.
15. Guru Johnny mengajar di kelas 1 SD. Di awal pertemuan,
guru Johnny menanyakan perasaan dan keadaan siswanya. Dari pernyataan tersebut
dapat diketahui bahwa guru Johnny sedang melakukan tahap…
o
Persiapan asesmen
diagnosis kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
o
Persiapan asesmen
diagnosis non kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan: Yang dilakukan Guru Johnny merupakan pelaksanaan
asesmen diagnosis non-kognitif awal yang menitikberatkan pada kondisi di
luar pemahaman pengetahuan dan penguasaan akademis, yaitu faktor psikologi dan
emosional.
16. Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, ada aktivitas
pembelajaran sinkron dan asinkron. Prinsip pembelajaran sinkron adalah…
o
Belajar dilakukan
kapan saja, tidak ada jam tertentu
o
Murid dan orangtua
dapat melihat materi belajar kapan saja, dapat mengulang kembali dan
menyesuaikan dengan keadaan rumah
o
Menyatukan
belajar berbasis proyek/membuat proyek bersama di waktu lain untuk kemudian
didiskusikan bersama
o
Dalam
pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau keterampilan
komunikasi saat itu juga
Pembahasan:Sesi sinkron pembelajaran adalah sesi dimana siswa
berinteraksi dengan guru secara serentak dalam waktu yang telah disepakati.
Dalam pembelajaran ini, guru dapat melihat langsung pemahaman murid atau
keterampilan komunikasi saat itu juga.
17. Asesmen untuk belajar dapat digunakan untuk….
o
Mendapatkan
informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan
tahapan belajar
o
Memandu peserta
didik melakukan monitor dan refleksi terhadap proses belajarnya
o
Mendapatkan
informasi yang dibutuhkan orangtua dan pihak lain terkait capaian kurikulum
o
Mendapatkan
informasi dari peserta didik sebagai laporan akhir proses pembelajaran
Pembahasan:Asesmen untuk pembelajaran bertujuan untuk mendapatkan
informasi yang digunakan pendidik dan peserta didik menentukan tujuan dan
tahapan belajar.
18. Guru Tini akan mengajarkan pembelajaran matematika
mengenai bangun ruang. Guru Tini menyiapkan sebuah kubus, kawat, dan
penggaris dengan ukuran-ukuran yang telah ditetapkan. Dari ilustrasi tersebut,
manakah yang termasuk media belajar?
o
Ibu Tini sebagai
guru matematika
o
Bangun ruang
sebagai kompetensi yang dipelajari
o
Kubus dan kawat
yang digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran
o
Penggaris yang
dipakai peserta didik untuk mengukur panjang kawat sebagai diagonal ruang kubus
Pembahasan:Kubus dan kawat termasuk media belajar karena keduanya
digunakan ibu Tini untuk menjelaskan konsep bangun ruang.
19. Di dalam kelas, guru Ani menggunakan media belajar
audio visual karena menyadari peserta didiknya memiliki gaya belajar yang
berbeda. Pemilihan media belajar yang dilakukan guru Ani berdasarkan…
o
Karakteristik
peserta didik
o
Potensi media dan
teknologi
o
Keadaan latar
atau lingkungan
o
Tujuan
pembelajaran
Pembahasan:Pemilihan media belajar yang dilakukan Guru Ani berdasarkan
pada karakteristik peserta didik.
20. Manakah diantara pengalaman belajar berikut yang lebih
efektif dan memberi informasi lebih banyak untuk peserta didik….
o
Melihat simulasi
o
Melihat pameran
o
Berpartisipasi
dalam workshop
o
Melakukan
simulasi
Pembahasan:Sesuai dengan piramida pengalaman pembelajaran Dale,
melakukan simulasi merupakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan memberi
informasi lebih banyak untuk dipahami peserta didik.
21. Pembelajaran yang berfokus pada pendidikan kecakapan
hidup adalah salah satu prinsip Pembelajaran Jarak Jauh. Anda dapat menerapkan
prinsip tersebut dengan memberikan aktivitas…
o
Pembelajaran
materi penjumlahan dan pengurangan dengan melakukan transaksi membeli dan
menjual barang
o
Pembelajaran
penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan alat makan
o
Pembelajaran
materi menulis surat resmi dengan mengirim surat kepada Gubernur
o
Pembelajaran
materi organ pencernaan dengan melakukan interview bersama dokter
Pembahasan: Pembelajaran dengan aktivitas transaksi jual beli
memiliki cakupan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan serta terkait
dengan konteks kehidupan sehari-hari. Aktivitas yang diberikan dapat juga
dilakukan melalui online dengan dampingan orang tua, sehingga tidak melanggar
protokol kesehatan.
22. Dalam melakukan persiapan asesmen diagnosis non
kognitif awal, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti..
o
Apa yang kamu
lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
o
Apa yang orang
tuamu lakukan untuk membantumu belajar dari rumah?
o
Apa saja kegiatan
yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
o
Apa tugas yang
paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
Pembahasan: Asesmen diagnosis non-kognitif menitikberatkan pada
kondisi di luar pemahaman pengetahuan dan penguasaan akademis, yaitu faktor
psikologi dan emosional, aktivitas siswa di rumah, dan kondisi keluarga siswa.
Asesmen diagnosis non-kognitif misalnya mengenali minat dan aktivitas yang
digemari siswa. Informasi mengenai hal tersebut dapat memandu guru merancang
pembelajaran yang lebih bermakna.
23. Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif
dan non-kognitif awal. Adit, seorang siswanya, memiliki nilai tinggi pada
asesmen diagnosis kognitif. Namun, pada asesmen diagnosis non-kognitif, Adit
mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang
gurunya berikan.Dari cerita diatas, tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan
adalah…
o
Membentuk
kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
o
Berdiskusi dengan
Adit dan orang tuanya terkait kendala yang dihadapi Adit
o
Membuat aktivitas
belajar yang kreatif
o
Memberikan
pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit
Pembahasan:Kendala yang dihadapi Adit merupakan bagian dari kondisi non
kognitif, berupa kesejahteraan psikologi dan emosional. Guru dapat berdiskusi
dengan Adit dan orangtuanya terkait yang dirasakan Adit dan mencoba menemukan
solusi bersama-sama.
24. Guru Irene adalah seorang guru kelas 3. Di awal tahun
ajaran baru, Guru Irene memulai kelas meminta siswa bercerita dengan menjawab
tiga pertanyaan. Berikut ini adalah pertanyaan yang Guru Irene berikan:
0. “Bagaimana kabar kamu hari ini?”
1. “Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar di
rumah dalam 3 bulan terakhir kemarin?”
2. “Kegiatan atau tugas apa yang paling menyenangkan dan
tidak menyenangkan yang kamu dapatkan kemarin?”Dari pernyataan tersebut dapat
diketahui bahwa yang sedang dilakukan Guru Irene merupakan langkah-langkah
asesmen awal pada tahap…
o
Persiapan asesmen
diagnosis kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
o
Persiapan asesmen
diagnosis non kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan:Guru Irene sedang melakukan tahap pelaksanaan asesmen
diagnosis non kognitif awal.
25. Asesmen diagnosis berkala termasuk ….
o
Asesmen
pembelajaran
o
Asesmen terhadap
belajar
o
Asesmen formatif
o
Asesmen sumatif
Pembahasan:Berdasarkan tujuan dan prinsip asesmen formatif, asesmen
diagnosis berkala termasuk dalam asesmen formatif asesmen karena berfokus pada
proses, umpan balik, dan tindak lanjut antara guru dan siswa selama
pembelajaran berlangsung.
26. Apa tujuan dilakukannya asesmen diagnosis?
o
Sebagai bahan
pertimbangan untuk naik ke kelas selanjutnya
o
Membandingkan
pemahaman setiap peserta didik di dalam kelas
o
Untuk memenuhi
penilaian hasil belajar (raport)
o
Mengidentifikasi
kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran
Pembahasan:Asesmen diagnosis dilakukan dengan tujuan untuk mengenali
kemampuan dasar peserta didik dalam suatu topik. Hasil asesmen kemudian
digunakan guru untuk merancang pembelajaran.
27. Tujuan dari asesmen diagnosis di awal pembelajaran
adalah…
o
Memonitor
kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
o
Memonitor
perkembangan non-kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian
belajar
o
Memonitor
keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
o
Memonitor
perkembangan emosi dan psikologis siswa
Pembahasan: Melakukan asesmen diagnosis awal dapat memberikan data
dan informasi mengenai kondisi murid di awal pembelajaran, baik kondisi
kognitif maupun non kognitif. Dari hasil asesmen diagnosis awal, guru dapat
membuat rencana tindak lanjut yang sesuai kondisi sehingga pembelajaran dapat
berjalan secara lebih kondusif untuk mencapai target pembelajaran.
28. Kompetensi 3 (Pengetahuan)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi tentang cara-caraperawatan tumbuhan
dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan.
Kompetensi 4 (Keterampilan)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
4.1 Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan
hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif.
Tabel diatas merupakan KI dan KD kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Setelah menentukan tujuan kompetensi yang menggabungkan pengetahuan dan
keterampilan pada KD 3 dan 4, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?
o
Menetapkan
indikator yang mengukur capaian kompetensi siswa
o
Menentukan
cakupan materi dan bahan pembelajaran siswa
o
Membuat aktivitas
pembelajaran yang menyenangkan siswa
o
Melakukan asesmen
untuk mengukur keberhasilan belajar siswa
Pembahasan: Setelah menentukan tujuan kompetensi, langkah yang
harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan indikator apa saja yang
menunjukan pencapaian tujuan kompetensi. Berangkat dari itu, dirancanglah
asesmen pembelajaran.
29. Hasil asesmen diagnosis yang dilakukan Guru Roni
menunjukkan bahwa peserta didiknya merasa bosan belajar dari rumah. Mengetahui
hal tersebut, Guru Roni berdiskusi dengan orang tua dan peserta didiknya
untuk mencari solusi. Berdasarkan pernyataan diatas, cara 5M yang dilakukan
Guru Roni adalah…
o
Membangun
keberlanjutan
o
Memahami konsep
o
Memanusiakan
hubungan
o
Memberdayakan
konteks
Pembahasan:
Prinsip membangun keberlanjutan menitikberatkan pada kesinambungan proses belajar.
Oleh karena itu, Guru Roni terlebih dahulu melakukan asesmen diagnostik agar
dapat memandunya merancang pembelajaran jarak jauh yang bermakna.
30. Kurikulum dalam kondisi khusus merupakan…
o
Kurikulum yang
baru untuk masa pandemi
o
Penyederhanaan
dari kurikulum nasional
o
Gabungan
kurikulum nasional dengan kurikulum yang dibutuhkan
o
Penjabaran dari
kurikulum nasional yang dirasa perlu
Pembahasan:Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada
Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus
dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta
didik.
Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan
fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai
dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Semua jenjang pada setiap
satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat:
4. Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional
5. Menggunakan kurikulum darurat
6. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri
31. Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh, Guru
Aben terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tua murid. Di beberapa
kesempatan, guru Aben menjelaskan mengenai tujuan dan proses pembelajaran jarak
jauh lewat video tutorial dan infografis kepada orang tua murid. Apa yang
dilakukan guru Aben ini tergolong dalam cara 5M…
o
Memberdayakan
konteks
o
Memilih tantangan
o
Memahami konsep
o
Membangun keberlanjutan
Pembahasan: Prinsip memahami konsep merupakan praktik pembelajaran
yang memandu murid bukan sekedar menguasai konten tetapi juga menguasai
pemahaman mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan dalam berbagai
konteks. Dalam hal ini, Guru Aben memberikan penjelasan terkait tujuan serta
proses belajar jarak jauh dan tutorial penggunaan aplikasi atau situs yang akan
digunakan dalam pembelajaran jarak jauh,sehingga memudahkan orangtua nantinya
dalam mendampingi anak belajar dari rumah.
32. Dari pilihan berikut ini, manakah siklus asesmen di
awal pembelajaran yang tepat?
o
Evaluasi –
Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut
o
Asesmen kognitif
– Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif
o
Evaluasi dan
tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif
o
Asesmen non
kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
Pembahasan: Siklus asesmen non kognitif – asesmen kognitif – tindak
lanjut dan evaluasi direkomendasikan karena informasi non kognitif terkait
siswa penting didapatkan terlebih dahulu untuk mengetahui aspek psikologis dan
kesiapan belajar siswa. Setelah itu, asesmen kognitif dan tindak lanjut dapat
dilakukan.
33. Guru Adi memberikan tugas proyek secara berkelompok
dengan jangka waktu pengerjaan 1 bulan. Selama proyek berlangsung, guru Adi
meminta peserta didik untuk memberikan laporan setiap minggu. Guru Adi juga
memberikan komentar dan masukan di laporan mingguan peserta didik.Dari cerita
diatas, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan guru Adi berbasis…
o
Konten
o
Konsep
o
Kompetensi
o
Topik
Pembahasan:Pengajaran guru Adi merupakan pembelajaran berbasis
kompetensi dengan ciri pembelajaran yang berfokus pada proses, dan pengembangan
kompetensi dengan pemberian umpan balik sehingga membangun pembelajaran yang berkelanjutan
bukan sekedar penyelesain produk dan nilai akhir.
34. Kelebihan merancang sumber belajar sendiri adalah….
o
Sesuai dengan
rencana pembelajaran, gaya mengajar guru, dan kebutuhan peserta didik
o
Membutuhkan
kreatifitas untuk merancang dan membuatnya
o
Mudah ditemui di
kehidupan nyata
o
Tidak membutuhkan
waktu lama dan energi untuk merancang dan membuat
Pembahasan:Sumber belajar yang dirancang sendiri membuat guru lebih
leluasa menyesuaikan sumber belajar dengan kebutuhan di dalam kelas.
35. Mengukur penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh
peserta didik terkait capaian kurikulum merupakan kategori….
o
Asesmen
pembelajaran
o
Asesmen untuk
belajar
o
Asesmen sebagai
belajar
o
Asesmen terhadap
belajar
Pembahasan: Asesmen terhadap pembelajaran bertujuan mengukur
penguasaan dan penerapan hasil belajar oleh peserta didik terkait capaian
kurikulum
36. Setelah melakukan asesmen diagnosis kognitif awal,
Isma, seorang siswa kelas 5, memiliki hasil asesmen dengan nilai 1 semester di
bawah rata-rata kelas. Dari pernyataan tersebut, tindak lanjut yang dapat
dilakukan guru kelas 5 adalah…
o
Menghubungi orang
tua Isma dan meminta untuk menemani Isma selama kelas online berlangsung
o
Melakukan asesmen
kognitif ulang pada Isma dan siswa lain yang nilainya dibawah rata-rata kelas
o
Mengelompokkan
siswa dengan nilai dibawah rata-rata kelas untuk mendapatkan pelajaran tambahan
o
Menghubungi orang
tua Isma dan menyarankan untuk Isma cuti sekolah
Pembahasan:Sesuai dengan panduan asesmen diagnosis awal. Ada beberapa
tindak lanjut yang bisa dilakukan sesuai hasil asesmen diagnosis kognitif.
4. Siswa dengan hasil rata-rata kelas akan diajar oleh
guru kelas sesuai dengan materi di jenjang tersebut
5. Siswa dengan hasil 1 semester dibawah rata-rata akan
mendapatkan pelajaran tambahan dari guru kelas di jenjangnya
6. Siswa dengan hasil 2 semester dibawah rata-rata akan
dititipkan pada guru kelas di bawah jenjangnya, atau membentuk kelompok belajar
didampingi orangtua atau pendamping lain yang relevan
37. Dari pilihan berikut ini, manakah aktivitas yang dilakukan
guru pada tahap pengelolaan hasil asesmen?
o
Membagi peserta
didik dalam kelompok berdasarkan hasil asesmen
o
Guru menyesuaikan
aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua
peserta didik di kelas
o
Melakukan
penilaian untuk masing-masing peserta didik dengan memberikan nilai 1 apabila
jawaban benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
o
Melakukan
pemetaan terhadap soal yang paling sulit untuk dijawab peserta didik agar
menjadi bahan evaluasi
Pembahasan:Pada tahap pengelolaan hasil asesmen, guru melakukan
penilaian hasil asesmen, misalnya dengan memberikan nilai 1 apabila jawaban
benar, dan nilai 0 apabila jawaban salah
38. Empat kemampuan yang menandai penguasaan kompetensi
pada siswa adalah ….
o
Menalar, siap
hidup, kemandirian, ujian bermakna
o
Kemandirian,
keahlian, menalar, ujian bermakna
o
Menalar,
kemandirian, keterampilan, ujian bermakna
o
Kemandirian,
menalar, kecerdasan, ujian bermakna
Pembahasan:Siswa yang menguasai kompetensi akan mampu menalar, mandiri,
mampu mengatasi ujian bermakna, dan siap hidup.
39. Penggunaan media belajar seperti tape recorder,
radio, dan telepon merupakan media belajar yang berjenis….
o
Visual
o
Audio
o
Audio visual
o
Multimedia
Pembahasan: Penggunaan media belajar seperti tape recorder, radio,
telepon, merupakan beberapa media belajar yang berjenis audio.
40. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan….
o
Pembelajaran yang
dilakukan dengan memberikan tugas melalui WAG/email
o
Pembelajaran yang
dilakukan dengan meminta murid mendokumentasikan semua kegiatan belajarnya
o
Pembelajaran yang
diberikan melalui media elektronik (TV, radio) dan membuat catatan
o
Pembelajaran yang
diberikan sesuai dengan kondisi murid
Pembahasan:Pembelajaran jarak jauh sesuai dengan tujuan dan prinsipnya
bermakna sebagai pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kondisi murid
41. Saat melakukan pembelajaran dari rumah, seorang anak
mulai merasa bosan untuk melanjutkan belajar sementara LKS yang harus ia
dikerjakan cukup banyak. Apa yang sebaiknya dilakukan?
o
Tetap memaksakan
peserta didik menyelesaikan pembelajaran karena ada tema yang perlu dikejar
o
Menghentikan
pembelajaran dan melanjutkan kembali jika anak sudah ada keinginan belajar
o
Mengganti dengan
proyek lain yang tetap sesuai dengan tema pembelajaran
o
Memanfaatkan
hal-hal yang menjadi minat anak untuk dijadikan konten belajar
Pembahasan: Memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat anak untuk
dijadikan konten belajar merupakan salah satu cara agar siswa dapat aktif
terlibat dalam pembelajaran dan menjaga motivasi belajar, sehingga mengurangi
rasa bosan.
42. Ketika Pembelajaran Jarak Jauh mulai diterapkan, hal
pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah…
o
Menyiapkan
aktivitas dan tugas belajar
o
Membangun
kesepakatan dengan orangtua dan peserta didik
o
Mengumpulkan
informasi mengenai kesiapan orangtua dan peserta didik
o
Menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran
Pembahasan: Informasi mengenai kesiapan dan kondisi orangtua dan
peserta didik penting karena informasi tersebut akan memandu guru dalam
merancang pembelajaran jarak jauh yang efektif. Langkah ini dikenal juga
sebagai asesmen diagnostik.
43. Di tahun ajaran baru, guru Wendy ditugaskan menjadi
wali kelas 4 SD. Sebelum tahun ajaran dimulai, guru Wendy mempersiapkan banyak
hal untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah soal-soal yang terdiri dari
materi pelajaran kelas 4 semester 1 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2.
Yang dilakukan Guru Wendy merupakan tahapan…
o
Persiapan asesmen
diagnosis kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis kognitif awal
o
Persiapan asesmen
diagnosis non kognitif awal
o
Pelaksanaan
asesmen diagnosis non kognitif awal
Pembahasan: Guru Wendy melakukan tahap persiapan asesmen diagnosis
kognitif awal dengan mempersiapkan soal-soal yang terdiri dari materi pelajaran
semester 1 kelas 4 dan beberapa materi dari kelas 3 dan 2.
44. Guru Amir mengajar di daerah pedesaan yang tidak semua
orangtua memiliki gawai (telepon pintar, televisi, radio). Model pembelajaran
jarak jauh manakah yang sebaiknya digunakan guru Amir?
o
Model PJJ dengan
kelas daring
o
Model guru
kunjung
o
Model kelas luring
berkelompok kecil
o
Model PJJ melalui
televisi
Pembahasan:Untuk daerah dimana tidak semua orangtua memiliki
gawai/televisi/radio, pemilihan pembelajaran yang paling memungkinkan adalah
dengan model kelas luring berkelompok kecil.
45. Melakukan kolaborasi antara guru, orangtua, dan
peserta didik termasuk dalam cara 5M…
o
Memanusiakan
hubungan
o
Memahami konsep
o
Memberdayakan
konteks
o
Memilih tantangan
Pembahasan:Dalam pembelajaran jarak jauh, konsep memanusiakan hubungan
lewat kolaborasi guru, orangtua dan peserta didik penting diaplikasikan. Hal
ini dikarenakan hubungan guru, orang tua, dan peserta didik yang positif
mendukung proses pembelajaran menjadi lebih bermakna.
46. Pekan lalu, guru Adit memberikan tugas membuat laporan
kepada peserta didik yang dapat mereka kerjakan dari rumah. Dari laporan
yang sudah terkumpul, guru Adit memberikan komentar dan masukan untuk
masing-masing peserta didik. Cara 5M yang diterapkan guru Adit adalah…
o
Membangun
keberlanjutan
o
Memahami konsep
o
Memilih tantangan
o
Memberdayakan
konteks
Pembahasan:Guru Adit membangun keberlanjutan dengan cara memberikan
masukan dan komentar agar peserta didik dapat menilai kemampuan dirinya dan
tahu bagaimana menindaklanjuti pembelajaran yang telah ia lakukan.
47. Seorang guru akan melakukan asesmen diagnosis sebelum
mengajar materi baru. Pada tahap persiapan, guru tersebut menyusun 10 soal
sederhana. Bagaimanakah pemilihan soal yang sebaiknya dilakukan?
o
2 soal dari
materi prasyarat dasar dan 8 soal pada materi yang akan dipelajari
o
8 soal dari
materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi yang akan dipelajari
o
4 soal dari
materi prasyarat dasar dan 6 soal pada materi yang akan dipelajari
o
6 soal dari
materi prasyarat dasar dan 4 soal pada materi
Pembahasan:Untuk melihat kemampuan siswa sebelum memberikan materi baru,
guru dapat menyiapkan 8 soal dari materi prasyarat dasar dan 2 soal pada materi
yang akan dipelajari
48. Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif
berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan…
o
Pemeriksaan
kemampuan belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
o
Berfokus pada
proses belajar peserta didik dan dilakukan di akhir semester
o
Umpan balik pada
peserta didik hanya untuk topik pembelajaran tertentu
o
Tindak lanjut
proses belajar sesuai dengan hasil nilai ujian akhir
Pembahasan:Asesmen diagnosis berkala merupakan asesmen formatif
berdasarkan tujuan dan prinsipnya. Hal ini terkait dengan pemeriksaan kemampuan
belajar peserta didik untuk membantu proses belajar
49. Setelah melakukan asesmen diagnosis berkala, hal apa
yang dapat dilakukan guru selama proses pembelajaran?
o
Guru mengajar
semua kelompok, termasuk kelompok dibawah rata-rata untuk menuntaskan kurikulum
o
Guru menyesuaikan
aktivitas dan materi belajar di kelas dengan melihat pemahaman beberapa siswa
o
Guru melakukan
asesmen diagnosis kembali pada siswa yang tidak tuntas sebelum memulai semua
materi
o
Guru menyesuaikan
aktivitas dan materi belajar di kelas dengan peningkatan rata-rata semua murid
di kelas
Pembahasan:Hasil asesmen diagnosis memberikan informasi akurat kemajuan
belajar siswa. Berbekal informasi ini, guru dapat menyesuaikan pembelajaran
dalam bentuk pengayaan kepada siswa yang telah menguasai materi yang diajar
atau mengulas kembali materi untuk siswa yang belum menguasai materi.
50. Penggunaan televisi dan radio merupakan media
dalam pembelajaran jarak jauh model….
o
Dalam
jaringan/online
o
Luar jaringan
/offline
o
Terpadu
(memadukan)
o
Kunjungan guru
Pembahasan:Media pembelajaran luar jaringan termasuk: televisi, radio,
modul belajar mandiri, lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga, dan media
belajar dari benda di lingkungan sekitar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar